measurement gis

halo teman2 fans aku :) :) kini saya kembali lagi untuk mengisi blog saya, kali ini aq mau membahas tentang Measurement GIS, semoga apa yang saya bahas kali ini bermanfaat buat kalian semua :):):)

Dalam bentuk bola kita akan kesulitan untuk mengukur jarak, luas suatu area dan arahnya. Sedangkan peta, berbentuk datar, sehingga mudah untuk melakukan pengukuran (jarak, luas dan arah). Proses transformasi ini mengalami penyimpangan oleh sekurangkurangnya salah satu dari unsur: bentuk, area, jarak, arah dan lainnya.

Jarak merupakan unsur yang penting dalam pengukuran objek keruangan dalam SIG. Konsep pengukuran dalam SIG terdiri atas:

Euclidean
Jarak Euclidean (Euclidean Distance) merupakan ukuran jarak antara satu titik dengan titik lainnya pada sistem kordinat cartesian.
Jarak Euclidean besarnya adalah : D2 = ( x1 - x2 )2 + ( y1- y2 )2
ManhattanJarak Manhattan merupakan panjang paralel dengan formula : D = |x1 - x2 | + | y1- y2 |
Great CircleJarak Great Circle merupakan panjang jarak permukaan lingkaran bumi antara satu titik dengan titik lainnya yang diukur dengan rumus:



Dengan R = radius bumi (6370.3 KM)


MahalanobisJarak Mahalanobis jarak berdasarkan distribusi normal antara satu titik dengan titik lainnya, formula yang digunakan adalah :

dengan


Kelima konsep pengukuran diatas dideskripsikan kek dibawah ini :




Akurasi (accuracy) merupakan tingkat kepercayaan nilai pengukuran atau pendugaan. Akurasi bisanya diwujudkan sebagai kesalahan penyimpangan, atau perbedaan antara pengukuran dengan nilai sebenarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Script Membuat Kalender Di PHP

Script aplikasi kriptografi pada PHP

Script Membuat Program Laba Rugi Pada PHP